GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 02 (2025): APRIL 2025

STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH SEHAT: INTEGRASI OLAHRAGA RUTIN DAN PEMANFAATAN TOGA UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS SISWA

Lestari, Indah (Unknown)
Rahmi, Lisa (Unknown)
Sumarjo, Sumarjo (Unknown)
Ramadhan, Usni Khamsur (Unknown)
Ramadhan, Syahru (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Kesehatan siswa merupakan faktor kunci dalam mendukung proses pembelajaran yang optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan siswa adalah dengan menerapkan program Sekolah Sehat yang melibatkan olahraga rutin dan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi manajemen sekolah sehat yang mengintegrasikan olahraga teratur dan pemanfaatan TOGA sebagai upaya meningkatkan imunitas siswa. Program ini dilakukan di beberapa sekolah dasar dengan melibatkan siswa, guru, dan orang tua. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan rutin olahraga, pembudidayaan tanaman obat, dan penyuluhan kepada masyarakat sekolah mengenai manfaat keduanya untuk kesehatan. Hasil dari pelaksanaan program ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran kesehatan pada siswa, serta peningkatan daya tahan tubuh yang tercermin dari penurunan tingkat sakit pada siswa. Selain itu, keterlibatan siswa dalam pemeliharaan TOGA di sekolah juga meningkatkan pemahaman mereka mengenai pengobatan alami. Program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan diterapkan di lebih banyak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...