Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru pendidikan jasmani dan 21 siswa kelas 4 di SD Islam Athirah Makassar dalam evaluasi keterampilan gerak dasar menggunakan Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Program yang dilaksanakan selama satu hari ini terdiri dari empat kegiatan utama: sosialisasi dan diskusi dengan guru tentang metode evaluasi, pelaksanaan permainan berbasis keterampilan, pelaksanaan evaluasi, dan wawancara dengan lima siswa yang dipilih secara acak untuk mengumpulkan persepsi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang penilaian keterampilan motorik secara objektif dan respons positif siswa terhadap permainan yang menyenangkan yang meningkatkan kemampuan motorik mereka. Evaluasi mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu dikembangkan pada keterampilan locomotor dan manipulatif siswa. Umpan balik guru dan siswa mendukung efektivitas TGMD-2 sebagai alat evaluasi yang praktis. Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan jasmani dengan mendorong pengembangan keterampilan motorik yang sistematis, menyenangkan, dan terukur bagi siswa sekolah dasar di Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025