GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 02 (2025): APRIL 2025

Pendampingan Evaluasi Keterampilan Gerak Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Kota Makassar

Zulfikar, Muhammad (Unknown)
Hasmyati, Hasmyati (Unknown)
Mappanyukki, Andi Atssam (Unknown)
Bustang, Bustang (Unknown)
Aksir, Muh. Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru pendidikan jasmani dan 21 siswa kelas 4 di SD Islam Athirah Makassar dalam evaluasi keterampilan gerak dasar menggunakan Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Program yang dilaksanakan selama satu hari ini terdiri dari empat kegiatan utama: sosialisasi dan diskusi dengan guru tentang metode evaluasi, pelaksanaan permainan berbasis keterampilan, pelaksanaan evaluasi, dan wawancara dengan lima siswa yang dipilih secara acak untuk mengumpulkan persepsi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang penilaian keterampilan motorik secara objektif dan respons positif siswa terhadap permainan yang menyenangkan yang meningkatkan kemampuan motorik mereka. Evaluasi mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu dikembangkan pada keterampilan locomotor dan manipulatif siswa. Umpan balik guru dan siswa mendukung efektivitas TGMD-2 sebagai alat evaluasi yang praktis. Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan jasmani dengan mendorong pengembangan keterampilan motorik yang sistematis, menyenangkan, dan terukur bagi siswa sekolah dasar di Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...