Abtrak Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Geografi di kelas XII SMAN 2 Wonosari. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan eksperimen Post-Test-Only Control Group Design. Sampel penelitian meliputi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran melalui model TGT berbasis Quizizz, dan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Pengumpulan data dilakukan melalui tes post-test yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan lima indikator, yaitu penjelasan sederhana, dasar pengambilan keputusan, penarikan kesimpulan, penjelasan lanjutan, penggabungan informasi, dan membuat prediksi. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbasis Quizizz lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya.Kata Kunci: Torunament Team Game, Quizizz, Berpikir Kritis, Geografi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025