Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi
Vol 4, No 1 (2025): Geosfera : Jurnal Penelitian Geografi

PENGARUH PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KARAKTERISTIK NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG KELAS XII DI SMA NEGERI 2 WONOSARI

kunye, nur nuni (Unknown)
Yusuf, Daud (Unknown)
Pambudi, Moch Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Abtrak Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Geografi di kelas XII SMAN 2 Wonosari. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan eksperimen Post-Test-Only Control Group Design. Sampel penelitian meliputi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran melalui model TGT berbasis Quizizz, dan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Pengumpulan data dilakukan melalui tes post-test yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan lima indikator, yaitu penjelasan sederhana, dasar pengambilan keputusan, penarikan kesimpulan, penjelasan lanjutan, penggabungan informasi, dan membuat prediksi. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbasis Quizizz lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya.Kata Kunci: Torunament Team Game, Quizizz, Berpikir Kritis, Geografi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

geojpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geosfera : Jurnal Penelitian Geografi (GeoJPG, P-ISSN: 2962-5424, E-ISSN: 2962-5416) is a peer-reviewed journal published by Department of Earth Science and Technology, Universitas Negeri Gorontalo. GeoJPG provides open access to the principle that research published in this journal is freely ...