Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan strategi tindak tutur jual beli oleh host live saat sesi live streaming di akun Tiktok @wardahofficial. Data primer penelitian ini berupa tuturan lisan yang host live saat sesi live streaming. Pengambilan data dilakukan pada Sabtu, 10 Oktober 2024, jam 20.00--22.00. Data tersebut dikumpulkan menggunakan metode simak, rekam layar dan tangkap layar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan pendekatan pragmatik dan disajikan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya 386 bentuk tindak tutur direktif, yaitu memerintah, meminta, menasihati, menawarkan, mengajak, menyarankan, menganjurkan, memperingatkan, mendesak, melarang, dan memperbolehkan. Bentuk tuturan direktif yang paling banyak ditemukan adalah menyarankan karena host live harus dapat membantu dan meyakinkan pembeli untuk check out dan payment produk. Dari 386 bentuk tindak tutur, terdapat dua strategi yang digunakan, yaitu (1) implisit, langsung, literal, tersirat, serta (2) implisit, langsung, literal, tersurat yang paling banyak digunakan karena proses jual beli tersebut dilakukan secara online dengan keterbatasan waktu sehingga membutuhkan keefektivan waktu untuk berinteraksi secara jelas, mudah dipahami, serta menghindari kesalahpahaman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025