Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padang Sidempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Sidempuan , jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Guru, Staf Pegawai dan Siswa. Pengumpulan data menggunakan metode yaitu metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi Analisis data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Sajian Data dan Penarikan Kesimpulan. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemenĀ  di SMA Negeri 1 Padang SidempuanĀ  adalah menggunakan planning, organizing, actuating, controlling (POAC). Perencanan yang dibuat (planning) yang dibuat kepala sekolah di bagi menjadi dua, yaitu: perencanaan bagi peserta ddik dari membuat Modul Ajar dan kegiatan ekstrakurikuler. Perencanaan bagi guru-guru membuat pembinaan dan bimbingan, pengorganisasian adalah meciptakan semua stakeholders menjadi satu wadah yang baik. Adapun implikasi penelitian ini adalah memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan teori dan praktik manajemen pendidikan, khususnya dalam memahami peran strategis kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025