PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 03 (2025): MEI 2025

AKTIVASI KEGEMBIRAAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN BERBASIS GERAK DASAR

Zulfikar, Muhammad (Unknown)
Hakim, Hikmad (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Nurliani (Unknown)
Abbas, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Kegembiraan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani merupakan faktor penting yang memengaruhi motivasi dan partisipasi aktif anak, terutama di tingkat sekolah dasar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengaktivasi kegembiraan siswa kelas 3 SD Inpres BTN IKIP 2 Kota Makassar melalui permainan berbasis keterampilan gerak dasar locomotor dan object control. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari dengan tiga tahapan, yaitu sosialisasi dan diskusi dengan guru pendidikan jasmani, implementasi praktik permainan kelompok, serta evaluasi kegembiraan siswa melalui wawancara. Permainan yang diterapkan dirancang untuk merangsang perkembangan motorik sekaligus meningkatkan interaksi sosial antar siswa. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ekspresi kegembiraan siswa, seperti senyum dan tawa, serta semangat dan partisipasi yang lebih aktif selama pembelajaran. Selain pengembangan keterampilan fisik, metode ini juga memperkuat aspek sosial dan psikologis siswa. Disimpulkan bahwa permainan berbasis keterampilan gerak dasar efektif untuk meningkatkan kegembiraan dan motivasi belajar siswa, sehingga disarankan untuk diintegrasikan secara rutin dalam pembelajaran pendidikan jasmani

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...