Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
Volume 2 Issue 1, March (2025)

THE PENGARUH PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA SMK MUTIARA ILMU MAKASSAR

Aksar, Attariq Dihqan Faza (Unknown)
Syahrul (Unknown)
Rais, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan Augmented Reality dalam pembelajaran terhadap kemampuan desain grafis siswa SMK Mutara Ilmu Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan tes. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas XI SMK Mutiara Ilmu Makassar. Data penelitian dianalisis menggunakan beberapa uji statistik, termasuk uji normalitas, uji hipotesis menggunakan Wilcoxon signed-rank test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi dari uji hipotesis sebesar 0,001, yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran terhadap kemampuan desain grafis siswa SMK Mutiara Ilmu Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CIVE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...