Jurnal Teknik Informatika
Vol. 5 No. 2 (2025)

Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada Hotel Aston Palembang Menggunakan Framework ITIL

Putri Maharani (Unknown)
Suhartini Yulianti (Unknown)
Siti Aulia Zuriati (Unknown)
Dempi Ariska (Unknown)
Claria Dwi Saputri (Unknown)
Fenny Purwani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menuntut sektor perhotelan untuk mengelola layanan TI secara efektif guna menunjang operasional bisnis dan meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menganalisis manajemen layanan TI di Hotel Aston Palembang dengan menggunakan kerangka kerja ITIL V3, khususnya pada domain Service Operation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus, melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan analisis dokumen internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan proses manajemen insiden dan permintaan layanan, namun masih dilakukan secara manual dan belum terdokumentasi secara formal. Rata-rata terjadi 8–10 insiden per bulan dengan waktu penyelesaian 1–2 hari. Selain itu, belum tersedia dokumentasi SLA, sistem ticketing digital, maupun proses change management yang terstruktur. Hanya domain Service Operation yang berjalan relatif baik; domain lain masih perlu pengembangan. Penelitian ini memberikan kontribusi baru karena studi berbasis ITIL di sektor perhotelan masih terbatas. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan efisiensi dan kesinambungan layanan melalui dokumentasi formal dan perencanaan strategis sesuai praktik terbaik ITIL.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEKIN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JEKIN-Jurnal Teknik Informatika: diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah untuk membantu akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mensosialisasikan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal JEKIN adalah untuk mempublikasikan ...