Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran epistemologi pada penerapan P5 di sekolah dasar, khususnya di SD Negeri 49 Dumbo Raya. Metode Kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan Observasi untuk menganalisis peran epistemologi berdasarkan pandangan idealisme, realisme, pragmatisme, dan eksistensialisme, dalam pemahaman penerapan P5. Penelitian ini bermaksud mengeksplorasi bagaimana pengetahuan itu sendiri dapat diaplikasikan pada pendidikan dasar. Fokusnya adalah pada pemahaman bagaimana anak-anak memperoleh dan memproses pengetahuan melalui kegiatan proyek yang menghasilkan produk, dalam konteks pembelajaran P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap epistemologi filsafat memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendorong siswa untuk menguasai pembelajaran lintas disiplin dan berpikir kritis dalam mengeksplorasi serta mencari solusi untuk masalah di sekitar mereka melalui aktivitas proyek.
Copyrights © 2025