Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 11 No. 1 (2025): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Strategi Optimalisasi Gaya Belajar Siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang

Nandadwirintani (Unknown)
Murniviyanti, Liza (Unknown)
Rosmiyati, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengoptimalkan gaya belajar siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perlunya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa CIBI agar kemampuan mereka berkembang secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa CIBI menunjukkan variasi gaya belajar, meliputi visual, auditorial, dan kinestetik. Untuk mendukung keberagaman tersebut, guru menerapkan strategi yang disesuaikan seperti penggunaan media interaktif, pendekatan pembelajaran kontekstual, serta penyediaan materi pengayaan. Sekolah turut memberikan dukungan melalui program tambahan dan fasilitas penunjang. Kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif bagi siswa CIBI. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif dan berfokus pada keunikan siswa berbakat.

Copyrights © 2025