Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 11 No. 1 (2025): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 108 Palembang

Eel Lestari (Unknown)
Rury Rizhardi (Unknown)
Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 108 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, Quasi experimental design dengan teknik desain yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pop-up book terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dimana rata-rata nilai tes akhir (posttest) ke$las kontrol yaitu sebesar 60 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 73,4. Adapun nilai tuntas pretest kelas eksperimen sebesar 17,3 % dan nilai posttest tuntas kelas eksperimen sebesar 72,5 %. , maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55,2 %. Dengan demikian, media pop-up book dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025