Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh pemanfaatan LMS berbasis Moodle terhadap peningkatan pemahaman konsep pengukuran besaran listrik pada Mata Kuliah Alat Ukur Listrik bagi mahasiswa Pendidikan Fisika UMMAT Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu Februari-Maret 2023. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UMMAT. Adapun sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2022 sebanyak 13 orang yang sedang menempuh mata kuliah alat ukur listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk tes pemahaman konsep yang mengukur ranah kognitif. Jumlah soal sebanyak 25 soal. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu membantu mahasiswa memahami konsep pengkukuran besaran-besaran Listrik sehingga memudahkan dalam mengukur besaran listrik di dalam laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan LMS berbasis Moodle untuk menunjang pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Fisika UMMAT Tahun Akademik 2022/2023 pada mata kuliah alat ukur listrik. Adapun nilai N-Gain sebesar 0,688 sehingga peningkatan pemahaman konsep berada mahasiswa pada alat ukur listrik berada pada kategori sedang.
Copyrights © 2025