Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik yang valid, praktis, dan efektif untuk topik Suhu, Kalor, dan Pemuaian. Menggunakan model pengembangan ASSURE dalam kerangka Penelitian dan Pengembangan (R&D), komik ini dibuat dengan aplikasi Canva. Hasil menunjukkan bahwa komik memiliki kevalidan tinggi: 3,41 untuk aspek kemediaan (ahli desain media) dan 3,72 untuk aspek konten materi (ahli materi). Dari sisi kepraktisan, uji coba kelas riil menunjukkan angka 92,18 (kategori sangat baik) berdasarkan respons siswa. Sementara itu, keefektifan komik terbukti dari rata-rata hasil belajar kelas 84,21, melampaui Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75, serta nilai n-gain 0,779 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulannya, media pembelajaran komik ini berhasil dikembangkan sebagai alat bantu belajar yang terkendali dan efektif
Copyrights © 2025