Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (April - Mei 2025)

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Se Kecamatan Japah Kabupaten Blora

Sripurwati, Sripurwati (Unknown)
Yuliejantiningsih, Yovitha (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kepemimpinan kepala sekolah berdampak pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar di Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Kurikulum merdeka menekankan pada penguatan kompetensi peserta didik dan memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Meskipun demikian, ada beberapa masalah dalam pelaksanaannya. Salah satunya adalah bahwa kepala sekolah kurang terlibat dalam penyusunan kurikulum dan tidak ada supervisi yang cukup terhadap program kerja guru. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan bersama dengan metode ex post facto. Terdiri dari 24 sekolah dasar di Kecamatan Japah, sampel penelitian terdiri dari 129 guru. Data dianalisis menggunakan regresi dan statistik deskriptif setelah dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan nilai R Square sebesar 48,7%, kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Pemahaman visi dan misi sekolah adalah aspek kepemimpinan kepala sekolah yang memberikan kontribusi paling sedikit. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya untuk memberikan dukungan kepada guru dalam perencanaan dan pelaksanaan kurikulum serta meningkatkan kemampuan kepala sekolah melalui supervisi dan pelatihan yang lebih intensif. Kepala sekolah harus lebih aktif terlibat dalam supervisi dan memberdayakan guru. Di sisi lain, dinas pendidikan dapat memberikan pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...