Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pedagogik guru SD di Dabin II Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Salah satu faktor yang memengaruhi kompetensi tersebut adalah supervisi akademik kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di wilayah tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 201 guru SD dan sampel 134 guru. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, linearitas, homogenitas, multikolinearitas, serta pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru dengan kontribusi sebesar 66,5%. Koefisien korelasi sebesar 0,816 menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel supervisi akademik dengan kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar kepala sekolah lebih aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti supervisi akademik untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Guru juga diharapkan meningkatkan kemampuan komunikasi dengan siswa sebagai bagian dari penguatan kompetensi pedagogik.
Copyrights © 2025