ABSTRAK Toilet training adalah melatih untuk mengajarkan anak untuk mengontrol BAK/BAB dan melakukannya secara sendiri. Selain itu juga didukung dengan kebiasaan orang tua untuk mengajarkan tentang toilet training yang benar pada anak saat dirumah sesuai dengan tumbuh kembang anak. Masing-masing anak mempunyai waktu kesiapan yang berbeda-beda untuk memulai toilet training. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif. Variabel penelitian ini yaitu kesiapan anak usia toddler (3 tahun) dalam mengikuti toilet training dengan teknik pengambilan data kuesioner.   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan anak usia toddler (3 tahun) dalam mengikuti toilet training. Populasi adalah seluruh responden yang berumlah 15 responden, sample penelitian seluruh responden dengan jumlah 15 responden.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang berjumlah 15 responden dengan hasil kategori baik sebanyak 9 responden (60%) dan dengan kategori cukup 6 responden (40%). Dari hasil maka dapat dianalisa bahwa kesiapan anak untuk memulai toilet training pada usia toddler (3 tahun) sudah baik namun masih ada beberapa yang cukup dikarenakan kesibukan orang tua bekerja sehinnga jarang untuk mengawasi dan memperhatikan kesiapan anak untuk memulai toilet training yang benar, sehingga pada waktu anak sudah seharusnya untuk siap melakukan toilet training masih terdapat masalah. Dalam hal ini perlu adanya perawat untuk memotivasi dan membantu para orang tua untuk melatih dan mempersiapkan anak â anak mereka dalam melakukan latihan toilet training. Kata Kunci : toilet training, kesiapan anak
Copyrights © 2016