Kompetensi pedagogik guru SMP di Kecamatan Rembang masih belum optimal, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta melakukan asesmen dan umpan balik secara efektif. Rendahnya kompetensi ini dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan tersebut terhadap kompetensi pedagogik guru. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah semua SMP se Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Jumlah sampel penelitian adalah 146 guru. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru dengan kekuatan korelasi 0,757 dan besarnya pengaruh 57,4%; Disarankan kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pembelajaran efektif yang berpusat pada peserta didik. Kepala sekolah diharapkan meningkatkan kemampuannya dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan optimisme dan antusiasme warga sekolah.
Copyrights © 2025