Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 4 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni - Juli 2025)

Pengembangan Model Layanan Terpadu untuk Penyandang Disabilitas Tunaganda (Studi Kasus di Yayasan Bhakti Luhur, Malang)

Laiyan, Macaria Theresia (Unknown)
Astuti, Pudji (Unknown)
Fathin, Sulafah (Unknown)
Merina, Bresca (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi layanan bagi penyandang disabilitas tunaganda di Yayasan Bhakti Luhur, Malang, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengelola yayasan, guru, pendamping, orang tua, serta penyandang disabilitas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan untuk disabilitas di yayasan ini sudah memadai, namun masih menghadapi tantangan, seperti kebutuhan khusus yang beragam, kesulitan dalam menyusun kurikulum yang sesuai, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Selain itu, ada kekurangan tenaga pengajar berkompetensi khusus dan stigma masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Solusi yang diusulkan adalah pengembangan model layanan terpadu, yang mencakup pemahaman individu, pendekatan yang disesuaikan, pengembangan keterampilan, identifikasi bakat, serta tindak lanjut yang relevan dan berkelanjutan untuk mendukung keberhasilan pendidikan bagi penyandang disabilitas tunaganda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...