Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari survei di Rumah Sakit X Semarang, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan yang menggunakan aplikasi pendaftaran online melalui studi pemanfaatan metode End User Computing Satisfaction. Dengan ukuran minimum 110 pasien rawat jalan, penelitian ini menggunakan analisis cross-sectional dan total sampel sebanyak 150 pasien rawat jalan yang dilibatkan dalam penelitian ini. Strategi analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan metode End User Computing Satisfaction secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam menggunakan aplikasi pendaftaran online untuk layanan rawat jalan di rumah sakit umum. Temuan ini menjadi indikasi bagi rumah sakit untuk terus melakukan perbaikan dan mengikuti perkembangan teknologi guna meningkatkan kepuasan terhadap layanan rumah sakit sehingga rumah sakit dapat menjadi lebih maju dan berkembang.
Copyrights © 2025