Penelitian ini ditujukan untuk merancang bahan ajar komik geometri yang mengadopsi pendekatan Matematika Realistik dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep geometri serta kurangnya minat belajar yang disebabkan oleh penyajian materi yang kurang menarik dan kontekstual. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 61 Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini meliputi enam tahapan berhasil menghasilkan produk yang berkualitas dan layak digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, sebagaimana dibuktikan melalui uji-t dua sampel berpasangan (0,000) yang menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah pembelajaran. Nilai korelasinya adalah 0,706 dan nilai gain score adalah 0,72 yang berarti kriteria tinggi. Keefektifan bahan ajar juga terlihat dari peningkatan aktivitas guru dan siswa, respon positif siswa, kesan guru yang baik, serta pencapaian ketuntasan tujuan pembelajaran baik secara individu maupun klasikal sehingga dinyatakan sangat efektif dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep geometri secara kontekstual.
Copyrights © 2025