Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Lewin yang terdiri atas dua siklus yang masing – masing terdiri atas empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PPLG 2 SMKS Hikmah Yapis Jayapura yang berjumlah 18 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan tanggapan peserta didik selama pembelajaran, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 33% dengan rata – rata nilai 53,7 meningkat menjadi 77% dengan rata – rata nilai 78,3 pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri dapat meningkat hasil belajar peserta didik kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura.
Copyrights © 2025