Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GAME EDUKASI GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 4 TANJUNG MORAWA

Sitohang, Pebrina Enjel (Unknown)
Suwanto, Fevi Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah ini penting karena menuntut siswa untuk menggunakan daya nalar, pengetahuan, ide dan konsep – konsep matematika yang disusun bentuk bahasa matematika. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 4 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan menggunakan sampel dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 – tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test artinya terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari statistik juga menunjukkan bahwa . Sehingga untuk pengambilan keputusannya ditolak dan diterima atau terdapat pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah ini penting karena menuntut siswa untuk menggunakan daya nalar, pengetahuan, ide dan konsep – konsep matematika yang disusun bentuk bahasa matematika. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 4 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan menggunakan sampel dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 – tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test artinya terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari statistik juga menunjukkan bahwa . Sehingga untuk pengambilan keputusannya ditolak dan diterima atau terdapat pengaruh pendekatan realistik berbantuan game edukasi gimkit terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...