Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA

Hasbi, Hasbi (Unknown)
Nursyam, Aisyah (Unknown)
Sirwanti, Sirwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (a) untuk menilai sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan media aplikasi canva sebagai media pembelajaran presentasi dikelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana (b) untuk melihat aktivitas siswa didalam kelas. (c) untuk melihat aktivitas guru atau keterlaksanaan pembelajaran di dalam kelas. dan (d) Melihat respons siswa terkait penggunaan aplikasi canva didalam kelas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat pada setiap siklus yang dilakukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...