Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai islam disekolah. Beberapa tahun terakhir terdapat minat yang semakin meningkat terhadap integrasi integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan integarsi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika melalui 3 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika matematika disekolah masih belum sepenuhnya mengandung nilai-nilai islam, masih penggunaan RPP secara umum, serta belum menjadikan penerapan nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika sebagai indikator utama menilai keberhasilan dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025