Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS : MA DARUNNAJAH AL-FALAH TELAGAWARU)

Bahri, Samsul (Unknown)
Evendi, Erpin (Unknown)
Kristayulita, Kristayulita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai islam disekolah. Beberapa tahun terakhir terdapat minat yang semakin meningkat terhadap integrasi integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan integarsi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika melalui 3 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika matematika disekolah masih belum sepenuhnya mengandung nilai-nilai islam, masih penggunaan RPP secara umum, serta belum menjadikan penerapan nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika sebagai indikator utama menilai keberhasilan dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...