Beragam permasalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah teorema phytagoras dengan memuat literasi matematis. Oleh karena itu, kami berupaya melakukan penyelidikan tentang kemampuan literasi matematika siswa pada konten space and shape materi teorema phytagoras ditinjau dari adversity quotient. Subjek penelitian ini sebanyak tiga orang siswa yang dipilih menggunakan Teknik purposive. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas instrumen utama, yaitu peneliti, dan instrumen pendukung meliputi angket adversity quotient, tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan adversity quotient tipe quitter mampu memenuhi proses literasi matematika employ (menerapkan) pada indikator menerapkan rancangan model matematika untuk menemukan solusi matematika.; (2) subjek dengan adversity quotient tipe camper mampu memenuhi proses literasi matematika merumuskan (formulate) dan menerapkan (employ). Pada proses merumuskan (formulate), subjek mampu memenuhi indikator mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan yang terdapat pada konteks nyata serta mengidentifikasi variabel yang penting. Pada proses menerapkan (employ) subjek mampu memenuhi indikator menerapkan rancangan model matematika untuk menemukan solusi matematika; (3) subjek dengan adversity quotient tipe climber mampu memenuhi proses literasi matematika merumuskan (formulate), menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret). Pada proses merumuskan (formulate), subjek mampu memenuhi indikator mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan yang terdapat pada konteks nyata serta mengidentifikasi variabel yang penting. Pada proses menerapkan (employ) subjek mampu memenuhi indikator menerapkan rancangan model matematika untuk menemukan solusi matematika. Pada proses menafsirkan (interpret) subjek mampu memenuhi indikator menafsirkan hasil matematika yang diperoleh dan mengevaluasi kewajaran solusi matematika dalam konteks masalah dunia nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025