Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

SLR: PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA

Amelia Muslimah (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)
Mustofa, Ade Nandang (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Kemajuan teknologi menuntut pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik masa kini. Salah satu media yang potensial adalah Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis digital yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penerapan media interaktif Canva dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 12 artikel terpilih yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa seluruh studi yang dianalisis menyatakan bahwa penggunaan Canva secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mayoritas penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan tidak ditemukan studi yang menggunakan metode campuran. Temuan ini mengindikasikan bahwa media interaktif Canva dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran matematika karena mampu memfasilitasi keterlibatan siswa, menyajikan materi secara visual, serta mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...