Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENALARAN VISIOSPASIAL SISWA TERHADAP UKIRAN TORAJA: UKIRAN PA’POLLO SINGKANG DAN PA’KAPU BAKA

Delastri, Lusiana (Unknown)
Pali, Ester Sampe (Unknown)
Paluta’, Elieser Titin (Unknown)
Sangapa, Clara Citra (Unknown)
Sudi, Sulis (Unknown)
Baturante, Grace Sapan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran visuospasial siswa terhadap ukiran Toraja (ukiran pa’pollo songkang dan pa’kapu baka). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil tes yang terkait ukiran kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Proses pengumpulan data melibatkan 21 siswa kelas XII Pada salah satu SMA di Tana Toraja. Selanjutnya dipilih dua jawaban yang berbeda untuk dideskripsikan jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang disajikan gambar berupa ukiran pa’pollo’ songkang dan pak’kapu baka akan dipicu untuk melakukan penalaran secara visuospasial. penalaran visuospasial melibatkan penalaran visual dan pemikiran spasial. Penalaran visual pada ukiran pa’pollo’ songkang dan pak’kapu baka dimulai dengan memahami informasi yang disajikan dalam ukiran, memperhatikan bentuk berdasarkan ciri khusus, posisi, warna dalam motif ukiran. Subjek dapat menjelaskan pola dan hubungan antara bentuk dalam ukiran. Pemikiran spasial terjadi ketika siswa melakukan dissembedding (pembongkaran), rotasi, refleksi, dan traslasi bentuk-bentuk dalam motif ukiran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...