Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Matematika, khususnya pada materi Bangun Ruang, sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran PowerPoint. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas III MIS BKM Nurul Iman yang terletak di Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. Pada hasil tes awal (pre-test), terdapat 6 siswa (23%) yang telah mencapai ketuntasan, sementara 20 siswa (70,4%) belum tuntas. Ketuntasan klasikal hasil belajar mencapai 29,6% dengan rata-rata nilai 57,7. Selanjutnya, setelah dilaksanakan siklus I dengan penerapan media PowerPoint, 14 siswa (54%) berhasil tuntas, sedangkan 12 siswa (46%) masih belum tuntas. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada tahap ini adalah 54% dengan rata-rata nilai 64,3, yang masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, yaitu 65. Karena nilai yang diperoleh belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, maka dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan model yang sama. Pada siklus II, terdapat 25 siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 97%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 97% dengan rata-rata nilai 76, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam hasil belajar Matematika pada materi Bangun Ruang.
Copyrights © 2025