Kemampuan berbicara bahasa Inggris masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan, khususnya di daerah dengan banyak keterbatasan sumber daya. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa terkait pemahaman dan penyampaian instruksi sederhana berbahasa Inggris. Kegiatan dilaksanakan di salah satu SMP negeri di Kabupaten Garut, melibatkan 51 siswa kelas IX. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, validasi instrumen pre-test dan post-test, validasi media (buku EXIST berbasis multimodal dan konseptual), serta demonstrasi penggunaan buku tersebut. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa memahami dan menyampaikan instruksi sederhana berbahasa Inggris dalam konteks sehari-hari. Hal ini didukung oleh nilai p=0.000039, yang mengindikasikan efektivitas intervensi.Pemanfaatan buku EXIST berbasis multimodal dan konseptual secara efektif mendukung penguatan fondasi keterampilan berbicara berbahasa Inggris di lingkungan dengan sumber daya terbatas. Temuan ini mengimplikasikan potensi besar buku EXIST sebagai model pembelajaran yang adaptif dan efektif untuk direplikasi atau diadopsi di sekolah-sekolah lain dengan karakteristik serupa, berkontribusi pada pemerataan kualitas pendidikan bahasa Inggris.
Copyrights © 2025