Kelompok Wanita Tani (KWT) memiliki peran penting dalam menyokong swasembada pangan dan pengembangan pertanian berkelanjutan. KWT Mulyasari yang terdapat di Kelurahan Ciporang Kabupaten Kuningan, berfokus dalam budidaya sayuran dan produk olahannya. Namun, KWT Mulyasari memiliki keterbatasan sumber daya sehingga mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil budidaya sayuran dan produk olahan tersebut. KWT Mulyasari melakukan pemasaran dengan menginformasikan dari mulut ke mulut sehingga pemasaran terbatas hanya kepada warga sekitar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai pemanfaatan media sosial pada KWT Mulyasari dalam melakukan promosi dan pemasaran. Jangkauan media sosial yang sangat luas menjadi peluang yang sangat besar dalam melakukan pemasaran hasil budidaya sayuran yang dilakukan oleh KWT. Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui bahwa kegiatan penyuluhan memberikan dampak yang positif bagi peserta penyuluhan. Peserta sangat antusias dan menunjukkan minat yang tinggi untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dan pemasaran. Dengan penyuluhan pemanfaatan media sosial ini diharapkan pemasaran yang dilakukan KWT Mulyasari dapat berjalan lebih efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan hasil budidaya sayuran dan produk olahannya.
Copyrights © 2025