Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
Vol 11, No 2 (2025): VOLUME XI NO. 2 APRIL 2025

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SHAFA ANEKA SNACK DI KOTA MEDAN)

Anggriani, Feni (Unknown)
Daryana, Aditiya Pratama (Unknown)
Saragih, Vina Gabriella (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Shafa Aneka Snack, Medan. Dengan persaingan ketat dalam industri ritel makanan, khususnya segmen snack, pemahaman terhadap faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen menjadi krusial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dari 100 responden yang pernah berbelanja di toko tersebut.Hasil analisis menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa harga (t hitung = 3.45; p-value = 0.001) dan variasi produk (t hitung = 2.87; p-value = 0.005) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji F juga menunjukkan bahwa kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (F hitung = 15.67; p-value = 0.0004), dengan adjusted R² sebesar 74%.Temuan ini menunjukkan bahwa strategi penetapan harga yang tepat serta variasi produk yang sesuai dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemilik Toko Shafa Aneka Snack dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan daya saing bisnis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menaraekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman ...