JIMAKUKERTA
Vol. 5 No. 1 (2025): JIMAKUKERTA

SOSIALISASI TENTANG STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SIKAT SEPATU BENGKULU

Nugraha, Dafa (Unknown)
Subakti, Harsen (Unknown)
Setiorini, Hesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2025

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan dampak sosialisasi tentang peningkatan kapasitas usaha dan penguatnya pada UMKM Sikat Sepatu di Bengkulu. Kegiatan sosialisasi difokuskan pada peningkatan pemahaman manajemen usaha, strategi pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi interaktif, simulasi, serta pendampingan teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi memberikan dampak positif berupa peningkatan efisiensi operasional. Selain itu, penggunaan teknologi pemasaran melalui media sosial terbukti membantu UMKM dalam memperluas jangkauan pasar. Disarankan agar pendampingan teknis diperpanjang dan pelatihan lanjutan diberikan, terutama dalam manajemen keuangan dan pengelolaan stok. Akses terhadap modal dan teknologi juga perlu ditingkatkan melalui kolaborasi dengan lembaga keuangan dan pemerintah daerah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMAKUKERTA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

JIMAKUKERTA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) (e-ISSN: 2808-5566, p-ISSN: 2808-7569) adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu, jurnal ini akan diterbitkan 3 kali setahun dengan rentang ...