Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, inovasi, tantangan, serta evaluasi dalam pengelolaan kurikulum di MAN 1 Pekanbaru. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman kurikulum merdeka dan kurikulum Kementerian Agama dalam konteks madrasah, yang berfokus pada pengembangan potensi peserta didik melalui berbagai program unggulan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang sesuai untuk menggali dan memahami berbagai aspek terkait perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, serta evaluasi kurikulum. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, serta Tim Pusat Penjamin Mutu Madrasah (P2M). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 1 Pekanbaru berhasil mengadaptasi kurikulum nasional dengan berbagai inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal, seperti penambahan jam pelajaran dan pengembangan kelas berbasis minat, seperti kelas tahfiz, olimpiade, riset, dan lainnya. Tantangan yang dihadapi meliputi perubahan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka, menggantikan pendekatan tradisional yang bersifat instruksional. Evaluasi dilakukan melalui supervisi rutin, pelatihan, dan pembinaan, yang berfokus pada karakter siswa dan pencapaian target belajar peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dan penyesuaian kurikulum sangat berperan dalam memenuhi kebutuhan peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru agar mereka mampu mengimplementasikan kurikulum yang berbasis kebutuhan lokal secara optimal.
Copyrights © 2025