Latar belakang: Proses pembelajaran klinik di Indonesia sebagian besar masih bersifat konversional dan belum terpadu antara assessment kebutuhan dan learning outcome pendidikan klinik. Sehingga memerlukan media pembelajaran berbasis aplikasi mobile learning yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Tujuan: untuk mengembangkan, menguji validitas dan kepraktisan media pembelajaran klinik berbasis mobil learning. Metode: Jenis penelitian ini Research and Development (R&D). Desain pengembangan produk penelitian mengunakan model Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE) yang dilaksanakan bulan April 2021- Maret 2023. Teknik pengambilan sample yaitu Porposive Sampling pada 30 mahasiswa keperawaatan, Sedang sample Uji validasi produk yaitu 5 Orang ahli materi dan 3 orang ahli teknologi. Hasil: Aplikasi Mobile Learning Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Klinik (SIMPK) dengan user yaitu Preceptor akademik, Preceptor klinik dan mahasiswa dan memiliki 12 Fitur yang mencakup komponen Cognitive ability, Psychomotor ability, Affective ability, Factor pendukung dan Hasil Evaluasi. Hasil uji validitas produk oleh ahli teknologi 87,90% (Sangat layak) dan ahli materi 88,52% (Sangat layak), sedangkan hasil uji kepraktisan produk 85,05% (Praktis). Saran: Aplikasi Mobile Learning SIMPK dapat digunakan sebagai media pembelajaran klinik bagi preceptor akademik, preceptor klinik dan mahasiswa yang sesuai dengan learning Outcome dan standar pembelajaran klinik di Indonesia. Kata kunci: Aplikasi Mobile Learning, Pembelajaran Klinik, Mahasiswa Keperawatan
Copyrights © 2025