Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 1 (2025)

MODEL PJBL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Putri, Titania Nurma Maysa (Unknown)
Wakhyudin, Husni (Unknown)
Rahmawati, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Konteks yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pembelajaran yang efektif dan kurang aktifnya peserta didik sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah, serta belum diterapkannya model pembelajaran PjBL. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran Model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas V Sekolah Dasar? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa tuntas setelah pembelajaran model PjBL. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menunjukkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran PjBL (pretest) sebanyak 58,696. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sebanyak 80,870. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t berpasangan dapat disimpulkan bahwa uji t dari perhitungan diperoleh uji thitung ttabel yaitu 9,443 2,074, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang dicapai pada pretest dan posttest. Atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PjBL efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Langgenharjo 01. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru menggunakan model pembelajaran PjBL yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...