Kesalahan konsep yang terjadi pada siswa SD N Gayamsari 01 Semarang maka penting untuk diidentifikasi miskonsepsi siswa secara menyeluruh sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangbiakan makhluk hidup. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana miskonsepsi peserta didik kelas VI SDN Gayamsari 01 Semarang pada materi perkembangbiakan makhluk hidup dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI); dan apa yang menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi?. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VI SD N Gayamsari 01 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, tes diagostik dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi materi perkembangbiakan makhluk hidup dengan menggunakan metode CRI pada siswa kelas VI SDN Gayamsari 01 Semarang termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata persentase sebesar 56,66%. Penyebab terjadinya miskonsepsi materi perkembangbiakan makhluk hidup pada peserta didik kelas VI SDN Gayamsari 01 Semarang yaitu berasal dari siswa yang memiliki prakonspsi dan pemikiran asosiatif; dan faktor pelaksanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan langkah-langkah atau sintak dalam model PjBL.
Copyrights © 2025