JURNAL ILMIAH MIMBAR DEMOKRASI
Vol. 24 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 24 No.2 April 2025

Simulation and Game-Based Learning sebagai Strategi Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Jasmin, Fairus (Unknown)
Salsabila, Lubna (Unknown)
Tjandra, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Simulation and Game-Based Learning (SGBL) sebagai strategi pembentukan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dari berbagai sumber relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa SGBL mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Pembelajaran berbasis simulasi dan permainan ini menghadirkan suasana yang menyenangkan dan interaktif, serta menanamkan karakter seperti gotong royong, kemandirian, tanggung jawab, dan berpikir kritis. Penelitian ini juga membahas relevansi SGBL dengan Kurikulum Merdeka serta tantangan implementasinya, termasuk keterbatasan fasilitas dan kesiapan guru. Kesimpulannya, SGBL merupakan metode yang inovatif, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan efektif dalam membentuk karakter peserta didik. Dampaknya terlihat tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada penguatan moral dan nilai sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scientific Journal of Pulpit of Democracy is a forum for publication of the field of Social-Political, Legal, and Educational Sciences in the form of theoretical studies, research results, and related scientific papers. First published in 2001, with frequencies published 2 times a year in October ...