Penelitian ini menganalisis pengaruh persepsi keamanan, pengalaman pelanggan serta tingkat kepuasan pelanggan terhadap kecenderungan untuk melakukan pembelian ulang di platform Shopee pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya mempertahankan loyalitas pelanggan dalam industri e-commerce yang kompetitif. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan explanatory research. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang dibagikan kepada 100 mahasiswa pengguna Shopee, kemudian dilakukan analisis dengan pendekatan regresi linear berganda untuk menganalisis hubungan antar variabel. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa perceived security (persepsi keamanan) dan customer satisfaction (kepuasan pelanggan) berdampak positif terhadap niat pembelian ulang, Sebaliknya, pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan tidak terbukti memengaruhi keinginan mereka untuk melakukan pembelian kembali. Temuan ini memperkuat pentingnya keamanan dan kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas konsumen. Studi ini memberikan manfaat praktis untuk manajemen platform Shopee untuk meningkatkan sistem keamanan dan kualitas layanan agar dapat mendorong pembelian ulang, khususnya di kalangan mahasiswa sebagai segmen konsumen digital yang strategis.
Copyrights © 2025