Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis esai argumentatif dengan memanfaatkan media video berita. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas XII H SMA Negeri 1 Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan video berita terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Nilai rata-rata siswa naik dari 65,81 pada prasiklus menjadi 78,69 pada siklus I, dan mencapai 88,11 pada siklus II. Seluruh siswa berhasil memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)pada siklus II. Data tersebut mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menulis esai argumentatif.Kata Kunci— video berita, menulis esai argumentatif, SMA Negeri 1 Purworejo
Copyrights © 2025