Mulut dan gigi kita sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan karena selain berfungsi sebagai jalan menuju makanan dan minuman. Pengetahuan kognitif memainkan peran penting dalam menentukan tindakan individu. Tindakan adalah tingkat informasi yang dipadukan dengan sikap yang berada di bawah kendali seseorang. Peer Education merupakan strategi yang digunakan oleh teman sebaya untuk memberikan arahan mengenai kesehatan gigi dan mulut.Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Peer Education terhadap peningkatan pengetahuan dan tindakan murid dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada murid SD negeri 2 lamcot. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Quasi Experimen Desain one group pretest – posttest design. Polulasi seluruh siswa kelas V SDN 2 Lamcot. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dan melakukan pemeriksaan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 murid. Hasil Penelitian : Hasil analisis menggunakan Uji statistic wilcoxon mendapakan nilai P=0.00. Kesimpulan dan Saran: Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode Peer Education terhadap peningkatan pengetahuan dan tindakan anak dalan menjaga kesehatan gigi dan mulut murid.Saran penulis , kepada sekolah SD Negeri 2 Lamcot untuk lebih bisa dapat lebih menambah nilai mutu siswa dalam menjaga Kesehatan gigi dan mulut serta mampu memberikan pengetahuan dan Tindakan dalam menjaga Kesehatan gigi dan mulut.
Copyrights © 2025