ECJ: Early Childhood Journal
Vol. 3 No. 2 (2022)

Hubungan antara Keterampilan Pragmatik dan Kemampuan Berkomunikasi Sosial pada Anak Usia Dini

Arafah, Putri (Unknown)
Desmitar (Unknown)
Adella Kharisma Diyenti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Anak usia dini merupakan masa kritis bagi perkembangan anak, termasuk aspek komunikasi sosial. Pada masa ini, anak mulai belajar berinteraksi dengan orang lain dan menjalin hubungan sosial. Keterampilan komunikasi sosial yang baik membantu anak membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain serta belajar dan berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara keterampilan pragmatis dan keterampilan komunikasi sosial pada anak usia dini. Penelitian ini juga mengajarkan bagaimana mengembangkan intervensi dan meningkatkan pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu metode penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada anak, orang tua, dan guru. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara keterampilan praktis dan keterampilan komunikasi sosial anak kecil. Keterampilan pragmatis adalah kemampuan anak dalam menggunakan bahasa secara efektif dalam konteks sosial. Penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara keterampilan pragmatis dengan keterampilan komunikasi sosial pada anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Public Health Other

Description

Early Childhood Journal (ECJ): The Early Childhood and Parenting Studies Journal (e-ISSN 2723-2395/ecj) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage . The articles of this ...