ECJ: Early Childhood Journal
Vol. 5 No. 1 (2024)

Asesmen Berdiferensiasi: Mengatasi Hambatan dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif untuk Anak Usia Dini di RA Al-Huda

Nur Rahma Fadillah (Unknown)
Annisa, Nur (Unknown)
Hikmah, Nur (Unknown)
Nuari Julaiha, Ayga (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan pembelajaran dan asesmen berdiferensiasi di RA Al-Huda sebagai pendekatan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi anak usia dini. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru menyesuaikan metode, materi, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan masing-masing peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan wawancara mendalam terhadap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berdiferensiasi membantu guru memahami keberagaman peserta didik dan meningkatkan partisipasi serta motivasi belajar anak. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu, pelatihan, dan sumber daya, penerapan strategi ini terbukti efektif dalam mendukung pendidikan inklusif. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan ahli sangat penting dalam pelaksanaan asesmen berdiferensiasi yang optimal. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan untuk memperkuat implementasi asesmen berdiferensiasi di pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Public Health Other

Description

Early Childhood Journal (ECJ): The Early Childhood and Parenting Studies Journal (e-ISSN 2723-2395/ecj) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage . The articles of this ...