TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENDEKATAN HOLISTIK DAN MULTIKULTURAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING : STUDI PADA MODEL KONSELING PANCAWASKITA

Aisyah, Siti (Unknown)
Wahyuningsih, Dwi Ratnawati (Unknown)
Khusumadewi, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

ABSTRACT Guidance and counseling services in schools play a crucial role in supporting the optimal development of students. A holistic and multicultural approach is key to addressing the complex needs of culturally and psychologically diverse learners. This article examines the Pancawaskita Counseling model popularized by Prof. Dr. Prayitno, Msc. Ed. as one of the models integrating holistic and multicultural approaches in school counseling services. Through literature review and conceptual analysis, this study shows that the Pancawaskita model can provide comprehensive and responsive services to cultural diversity and psychosocial needs of students. The research stages involved searching, selecting, and analyzing various relevant literature sources to thoroughly evaluate the concept and implementation of the Pancawaskita Counseling Model. This study also emphasizes the importance of counselors having cultural sensitivity and the ability to understand holistic dimensions in the development of school counseling services. The Pancawaskita Counseling Model is a holistic and multicultural approach that places spiritual and cultural values at the core of counseling services to meet students' needs comprehensively and inclusively. ABSTRAK Layanan bimbingan dan konseling di sekolah memiliki peranan penting dalam mendukung perkembangan siswa secara optimal. Pendekatan holistik dan multikultural menjadi kunci dalam menjawab kompleksitas kebutuhan peserta didik yang beragam secara budaya dan psikologis. Artikel ini mengkaji model Konseling Pancawaskita yang dipopulerkan oleh Prof. Dr. Prayitno, Msc. Ed. sebagai salah satu model yang mengintegrasikan pendekatan holistik dan multikultural dalam praktik layanan bimbingan dan konseling sekolah. Melalui kajian literatur dan analisis konsep, artikel ini menunjukkan bahwa model Pancawaskita mampu memberikan layanan yang komprehensif dan responsif terhadap keragaman budaya serta kebutuhan psikososial siswa. Tahapan penelitian dilakukan dengan menelusuri, memilih, dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan untuk mengevaluasi secara mendalam konsep dan implementasi model Konseling Pancawaskita. Studi ini juga menekankan pentingnya konselor untuk memiliki sensitivitas budaya dan kemampuan memahami dimensi-dimensi holistik dalam pengembangan layanan konseling di sekolah. Model Konseling Pancawaskita merupakan pendekatan holistik dan multikultural yang menempatkan nilai-nilai spiritual dan budaya sebagai inti layanan konseling untuk memenuhi kebutuhan siswa secara menyeluruh dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teacher

Publisher

Subject

Education Other

Description

TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seorang pendidik dan lain ...