INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 2 Juli 2025

Integrasi Progresivisme dan Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta Didik

Zain, Miftahul Husna (Unknown)
Aprison, Wedra (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji integrasi filsafat progresivisme dan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya meningkatkan keterampilan 4C (Critical thinking, Creativity, Communication, Collaboration) peserta didik di era abad 21. Melalui pendekatan kualitatif dengan analisis literatur, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep progresivisme dan relevansinya dengan pembelajaran PAI, menganalisis nilai-nilai Islam yang mendukung pengembangan keterampilan 4C, serta menjelaskan strategi integrasi keduanya dalam praktik pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya keselarasan antara prinsip-prinsip progresivisme seperti pembelajaran aktif, experiential learning, dan pendidikan demokratis dengan nilai-nilai Islam seperti tafakkur, tadabbur, shura, dan ukhuwwah. Penelitian ini mengidentifikasi lima strategi integrasi yang efektif, meliputi: (1) pembelajaran berbasis proyek dengan nilai Islam; (2) pembelajaran berbasis diskusi dan dialog; (3) pembelajaran reflektif; (4) pembelajaran berbasis pemecahan masalah; dan (5) pembelajaran kolaboratif dengan penguatan nilai Islam. Transformasi peran guru PAI menjadi fasilitator, teladan nilai, dan penghubung tradisi-modernitas merupakan faktor kunci dalam keberhasilan integrasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi progresivisme dan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran PAI dapat menciptakan model pendidikan yang tidak hanya mengembangkan keterampilan 4C peserta didik untuk menghadapi tantangan global, tetapi juga memperkuat fondasi moral dan spiritual yang berakar pada nilai-nilai keislaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...