Abstrak: Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Maringgai. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Labuhan Maringai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden yang terdiri dari 32 responden kelas eksperimen dan 32 responden kelas kontrol. Teknik perhitungan data menggunakan bantuan microsoft excel dan SPSS versi 26. Berdasarkan perhitungan uji independen sample t test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat dampak yang signifikan dari penerapan media pembelajaran wordwall terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas VIII di SMP Negeri 2 Labuhan Maringgai. Yang berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektivitas sebesar 68,76% yang dapat dikategorikan cukup efektif. Selanjutnya dari hasil observasi (minat belajar) terhadap peserta didik pada kelas eksperimen menghasilkan persentase sebesar 82,1% yang dapat dikategorikan sangat aktif. Hal ini dilihat dari respon peserta didik saat pembelajan menggunakan media wordwall sangat baik, Peserta didik antusias dengan pembelajaran di kelas juga berinteraksi aktif. Terdapat perbedaan antara rata-rata hasil posttest, angket dan hasil observasi antar kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil peningkatan minat belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran wordwall dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran wordwall. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Wordwall; Minat Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025