Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024): Februari

IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK PURNAMA KARANG GENTENG MATARAM TAHUN 2023

Gustiana, Harisa Rabisally (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)
Sriwarthini, Ni Luh Putu Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih mengajar dengan metode ceramah dan lembar kerja, bukan mengajak anak untuk berinteraksi langsung dengan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains anak usia dini pada usia 5-6 tahun di TK Purnama Karang Genteng Mataram tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak kelas B2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data berupa uraian, tabel capaian perkembangan, dan dihitung menggunakan persentase. Hasil identifikasi keterampilan proses sains di TK Purnama mendapatkan hasil yang baik dengan hasil kemampuan observasi, membandingkan, klasifikasi, dan kemampuan mengukur dari 16 anak sebanyak 15 anak keterampilan proses sains terlaksana sesuai dengan capaiannya (93,75%), dan 1 anak keterampilan proses sains tidak terlaksana (6,25%). Pada kemampuan komunikasi dari 16 anak sebanyak 15 anak masuk kategori keterampilan proses sains terlaksana tidak sesuai dengan capaiannya (93,75%), dan 1 anak keterampilan proses sainsnya tidak terlaksana (6,25%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...