Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPAS kelas IV SDN Bandar Lor 1 Kota kediri masih rendah. Metode pembelajaran yang digunakan kurang banyak melibatkan aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan peserta didik cepat merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subjek penelitian penelitian peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan data hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian hasil belajar pada siklus I menunjukkan ketuntasan dengan presentase 68% yang diperoleh dari 17 peserta didik yang telah tuntas dari 25 peserta didik. Selanjutnya pada Siklus II mengalami peningkatan ketuntasan dengan presentase 88% yang diperoleh dari 22 peserta didik yang telah tuntas dari 25 peserta didik. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Bandar Lor 1 Kota kediri
Copyrights © 2025