Education Curiosity
Vol 3 No 3 (2025): April-Juli 2025

Pengaruh Metode Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar PPKn Materi Konstitusi dan Norma di Masyarakat Kelas IV SDN Jombang

Yanti, Putri Dwi (Unknown)
Rochmania, Desty Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi konstitusi dan norma di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental, menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNĀ  Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode diskusi kelompok. Nilai rata-rata pre-test sebesar 54,55 meningkat menjadi 77,77 pada post-test. Analisis data menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam memahami materi dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, siswa juga lebih berani mengemukakan pendapat dan bekerja sama dalam kelompok. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan bahwa siswa yang terlibat dalam diskusi kelompok lebih mampu menyusun argumentasi yang logis, memahami berbagai perspektif dalam satu masalah, serta meningkatkan kemampuan sosial mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode diskusi kelompok dapat dijadikan sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis dan kerja sama dalam kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...