Tujuan dari penelitian berikut ialah guna menguji pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kepada minat belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Plandi 1. Desain penelitian yang dipakai ialah One-Shot Case Study serta metodologi penelitian kuantitatif. Sepuluh pernyataan yang mewakili minat belajar siswa dimasukkan ke dalam lembar observasi yang dipakai guna mengumpulkan data. Setelah model pembelajaran TGT diterapkan, data diperiksa memakai uji t satu sampel serta uji normalitas (Shapiro-Wilk) guna mengidentifikasi terdapatnya variasi yang signifikan dalam preferensi belajar. Dengan taraf signifikansi 0,014 < 0,05, temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya model pembelajaran TGT dengan cara signifikan mengoptimalkan antusiasme siswa dalam belajar matematika. Menurut temuan penelitian, penggunaan paradigma pembelajaran TGT bisa mengoptimalkan keterlibatan siswa, menumbuhkan lingkungan belajar yang positif, serta memicu minat mereka kepada matematika. Oleh sebab itu, disarankan agar anak-anak sekolah dasar memanfaatkan paradigma pembelajaran berikut selaku metode yang efisien guna mengoptimalkan antusiasme mereka dalam belajar.
Copyrights © 2025