Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media permainan monopoli terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS pada materi mengubah bentuk energi di kelas 4 SDN Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one-short posttest. Populasi penelitian ini adalah 15 siswa kelas 4, dan data dikumpulkan melalui angket serta lembar observalsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan monopoli dalam pembelajaran meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji-t yalng memperoleh nilali signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis allternaltif Ha diterima. Oleh karena itu, media monopoli direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa. Permainan monopoli sebagai media pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang menarik, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa. Melalui strategi permainan siswa dapat lebih mudah memahami konsep perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penggunaan permainan monopoli membantu meningkatkan kerja sama, komunikasi, serta keterampilan befikir kritis siswa. Dengan demikian penelitian ini menguatkan bahwa media permainan berbasis edukasi dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2025